Sabtu, 13 Oktober 2018

RPP KU-MICROTEACHING

ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MTs Assa’adah
Mata Pelajaran          :  Fiqih
Kelas / semester        : VII E
Materi Pokok             : Sholat Lima Waktu
Alokasi waktu            : 15 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI4.  Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara maniri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.2     Menghayati ketentuan sholat lima waktu
2.2     Menghayati  hikmah sholat lima waktu
3.3     Memahami waktu-waktu sholat lima waktu
4.3     Mempraktikkan sholat lima waktu

C.    Indikator
3.3.1   Siswa mampu menjelaskan pengertian sholat
3.3.2   Siswa mampu menunjukkan dalil perintah sholat lima waktu
3.3.3   Siswa mampu membedakan syarat sah sholat dan syarat wajib sholat
3.3.4   Siswa mampu menyebutkan sunah-sunah sholat
3.3.5   Siswa mampu mengidentifikasikan hal-hal yang membatalkan sholat
3.3.6   Siswa mampu menyebutkan rukun sholat
3.3.7   Siswa mampu menyebutkan ketentuan waktu sholat fardu
4.3.1   Siswa mampu mendemonstrasikan sholat lima waktu

D.    Materi Pembelajaran
1.         Pengertian sholat lima waktu
Shalat  secara  bahasa  berarti  doa.  Secara  istilah  shalat  adalah  ibadah  yang terdiri  dari perkataan  dan perbuatan  tertentu, yang  dimulai dengan  takbir, dan  diakhiri dengan salam.
2.         Syarat Wajib dan syarat sah Sholat lima Waktu
Syarat-syarat sah sholat :
a.    Suci badan dari hadats besar dan kecil.
b.    Suci badan, pakaian dan tempat dari najis
c.     Menutup  aurat
d.    Telah masuk waktu shalat.
e.    Menghadap kibla
Syarat wajib solat
A.Islam
B. Baligh 
C. Berakal
D. Telah sampai dakwah rosulullah
3.         Rukun Sholat lima waktu
a.    Niat
b.    Berdiri, bagi yang
c.    berkuasa:
d.   Takbiratul ihram: membaca "Allahu Akbar"
e.    Membaca Surat Fatihah
f.     Ruku' dan thuma'ninah
g.    I'tidal dengan thuma'ninah
h.    Sujud dua kali dengan thuma'ninah,
i.      Duduk antara dua sujud dengan thuma'ninah
j.      Duduk untuk tasyahud pertama
k.    Membaca tasyahud akhir
l.      Membaca shalawat atas Nabi
m.  Mengucapkan salam yang pertama
n.    Tertib
4.      Hal-hal yang membatalkan sholat

E.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Small Group Discussion

F.     Media, Alat/Bahan
1.      Spidol
2.      White board
3.      Gambar

G.    Sumber Belajar
1.      Buku Pedoman Guru Fiqih kelas VII MTs
2.      Buku Pegangan siswa Fiqih kelas VII Mts

H.    Langkah-langkah pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu

1.
Pendahuluan
1.      Guru membuka pembelajaran dengan mengucap salam.
2.      Guru menanyakan kabar siswa.
3.  Guru memeriksa kehadiran, dan  tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.      Mengajukan pertannyaan secara komunikatif dengan materi sebelumnya dan mengaitkan materi yang akan dipelajari.
3 Menit

2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
1)      Siswa mengamati gambar gerakan sholat
2)      Siswa menyimak hasil pengamatan gambarnya
3)      Siswa membaca dalil tentang perintah sholat
4)      Siswa menyimak penjelasan guru tentang Sholat lima waktu.
b.      Menanya
1) Guru memotivasi siswa untuk mengajukan pertannyaan.
2)      Siswa bertanya mengenai penjelasan guru tentang sholat lima waktu.
c.       Mengeksperimen/Mengexplorasi
1)  Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan mengenai sholat lima waktu.
2)      Masing-masing kelompok mendiskusikan tugas kelompok yang telah dipersiapkan oleh guru
d.      Asosiasi
1)      Siswa melalui kelompoknya merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengansholat lima waktu.
2)      Siswa membuat kesimpulan berkaitan dengan sholat
e.       Komunikasi
1)      Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan.
2)      Hasil diskusi di koreksi guru bersama dengan siswa.
3)      Salah satu siswa mewakili memperagakan tatacara sholat lima waktu.
7 Menit

3.
Penutup
1.    Guru memberi penguatan, sekaligus mengajak para siswa untuk merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
2.    Guru mengingatkan dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.    Guru menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah.
5 Menit

I.       Penilaian
Bentuk penilaian Terlampir

Sukabumi, 7 Oktober 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                   Guru PAI


____________                                                    ________________
NIP. -                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar